Kamis, 11 Februari 2010

Lebih menarik untuk ber-chatting ria daripada mengetik tugas; tugas 1

A. Pendekatan pemrosesan informasi tentang teknologi atau komputer

Sejumlah faktor memicu perkembangan psikologi kognitif , tak satu pun yang lebih penting ketimbang perkembangan komputer. Komputer modern pertama yang dikembangkan oleh John von Neumann pada 1940-an menunjukkan bahwa mesin tak bernyawa dapat mengerjakan operasi logika . Ini menunjukkan bahwa komputer itu mungkin mengerjakan operasi mental , bahwa komputer itu mungkin menunjukkan pada kita tentang bagaimana kognisi manusia bekerja . Psikolog kognitif sering kali menggunakan analogi computer untuk menjelaskan hubungan antara kognisi dan otak . Walaupun computer dan software bukan analogi sempurna untuk otak dan aktivitas kognitif , namun analogi ini mempengaruhi cara pandang kita tentang suatu system pemrosesan .

B. Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran

Internet dapat dirumuskan sebagai “a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources” . Tampaklah bahwa pengertian internet tidak hanya terbatas pada aspek perangkat keras atau infrastruktur berupa seperangkat computer yang saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data , baik berupa teks , pesan , grafis , maupun suara . Dengan kemampuannya , dapat dikatakan bahwa internet merupakan suatu jaringan computer yang saling terkoneksi dengan jaringan computer lainnya keseluruh penjuru dunia . Penggunaan internet didunia pendidikan merupakan suatu keniscayaan yang tak bisa terelakkan . Internet menjadi metoda atau sarana komunikasi yang sangat handal dan sangat bermanfaat bagi para pengajar dan pelajar . Sehingga perlu dipahami karakteristik dan potensi internet agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan dunia pendidikan , khususnya dalam pembelajaran . Selain fungsi internet dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai alat komunikasi , sebagai alat mengakses informasi , fungsi pendidikan dan pembelajaran , serta fungsi tambahan , fungsi pelengkap dan fungsi pengganti .

C. Aplikasi atau layanan internet

Indeks web dan mesin pencari atau search engine seperti google , GoTo , Infossek , Looksmart , Lycos , Northern Light , dan Yahoo! Dapat membantu kita menemukan informasi yang mereka cari dengan memeriksa berbagai sumber . Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet . Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi . E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting dari internet . Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus . Aplikasi chatting yang sering digunakan adalah Yahoo messenger , facebook , dll .

D. Pengalaman pribadi saya tentang chatting dan tugas

Pengalaman pribadi saya tentang hal ini adalah saya terkadang lebih tertarik untuk chatting terlebih dahulu daripada mengetik tugas saya. Itu dikarenakan oleh majunya perkembangan teknologi masa ini dan mudah nya untuk mengerjakan tugas . Chatting menurut saya merupakan hal menarik karna saya bias berbagi secara langsung tanpa memperdulikan jarak . Saya dan teman saya dapat langsung berbalas komentar dengan cepat . Dan saya merasa mengetik tugas hanya hal mudah . Dengan memainkan jari-jemari diatas tuts computer . Itulah karna majunya teknologi . Tidak seperti zaman dulu yang masih mengerjakan tugas dengan cara manual . Oleh karna itu , aplikasi pada internet juga mempunyai dampak baik dan buruk bagi setiap individu .

Daftar Pustaka

Santrock, John W.(2004). Psikologi Pendidikan.Kencana.Jakarta.

Munir.2008.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Alfabeta.Bandung

11 Februari 2010

Juli Theresia A. S

091 301 072

Tidak ada komentar: