(UAS) 1. Juli coba kamu uraikan berdasakan teori psikologi pendidikan berkaitan dengan pengalaman yang kamu rasakan belum terima soal UAS padahal temen-temanmu sudah.
Teori Psikologi Pendidikan yang saya pakai berdasarkan pengalaman saya sewaktu belum menerima soal dari Ibu padahal teman teman yang lain sudah mendapatkannya, adalah teori motivasi ekstrinsik dan instrinsik.
Pengertian dari motivasi ekstrinsik sendiri adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain (cara untuk mencapai tujuan). Sedangkan motivasi instrinsik adalah motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri (tujuan itu sendiri).
Saya mendapat kedua motivasi tersebut sewaktu saya belum menerima postingan soal UAS dari Ibu.
Ketika saya belum menerima soal UAS dari Ibu sedangkan teman teman yang lain sudah mendapatkannya, yang pertama saya rasakan adalah perasaan cemas . Saya cemas karena Ibu belum bisa memberi saya soal UAS di comment blog saya dikarenakan settingan di comment blog saya yang tidak teratur. Oleh karena perasaan cemas itulah muncul motivasi ekstrinsik pada saya. Saya berpikir, bahwa saya harus cepat memeriksa pengaturan comment diblog saya agar Ibu bisa memberi postingan soal UAS pada saya. agar saya pun bisa mengerjakannya dengan baik dan mendapatkan penilaian yang baik dari Ibu.
oleh karena itu, saya berusaha memperbaiki blog saya. Jika waktu itu saya tidak memeriksa dan mengubah settingan comment diblog saya, saya tidak akan bisa menerima soal UAS dari Ibu dan itu akan mempengaruhi nilai saya.
Dan motivasi Instrinsik yang saya dapatkan adalah karena saya sudah menerima postingan soal dari ibu dan soal ini juga merupakan pengalaman saya, berarti saya harus mengerjakannya dengan sebaik mungkin.
Seperti pada teori perencanaan instruksional yaitu pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran, saya berpikir bahwa ibu pasti sudah merencanakan untuk mendelivery nilai pada kami, tetapi mungkin disamping itu, ibu juga sedang membuat soal UAS untuk kami. Mungkin oleh sebab itu rencana untuk mendelivery nilai kami belum terlaksana.
Dalam hal ini , saya juga mengambil teori atribusi yaitu memahami perilaku dan kinerjanya sendiri,dan orang orang menarik kesimpulan atau termotivasi untuk menemukan sebab sebab yang mendasarinya.
Disini saya berusaha menarik kesimpulan yang positif tentang hal hal apa saja yang memungkinkan ibu belum mendelivery nilai kami. Saya memahami bahwa ibu memiliki banyak tugas dan peran yang membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran. Mungkin juga karena banyaknya tugas yang menuntut kehadiran ibu, dan waktu istrahat ibu yang tidak banyak,memungkinkan ibu belum mendelivery nilai kami.
Seperti pada pendekatan Gilligan yang mencerminkan perspektif perhatian, saya hanya bisa menunjukan perhatian pada ibu lewat kesabaran saya untuk menunggu waktu luang ibu yang tepat dimana ibu dapat mendelivery nilai pada kami. :)
5 komentar:
tes komen punya JULI :)
(UAS) 1. Juli coba kamu uraikan berdasakan teori psikologi pendidikan berkaitan dengan pengalaman yang kamu rasakan belum terima soal UAS padahal temen-temanmu sudah.
Terimakasih bu atas pertanyaannya :)
Teori Psikologi Pendidikan yang saya pakai berdasarkan pengalaman saya sewaktu belum menerima soal dari Ibu padahal teman teman yang lain sudah mendapatkannya, adalah teori motivasi ekstrinsik dan instrinsik.
Pengertian dari motivasi ekstrinsik sendiri adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain (cara untuk mencapai tujuan).
Sedangkan motivasi instrinsik adalah motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri (tujuan itu sendiri).
Saya mendapat kedua motivasi tersebut sewaktu saya belum menerima postingan soal UAS dari Ibu.
Ketika saya belum menerima soal UAS dari Ibu sedangkan teman teman yang lain sudah mendapatkannya, yang pertama saya rasakan adalah perasaan cemas .
Saya cemas karena Ibu belum bisa memberi saya soal UAS di comment blog saya dikarenakan settingan di comment blog saya yang tidak teratur.
Oleh karena perasaan cemas itulah muncul motivasi ekstrinsik pada saya. Saya berpikir, bahwa saya harus cepat memeriksa pengaturan comment diblog saya agar Ibu bisa memberi postingan soal UAS pada saya. agar saya pun bisa mengerjakannya dengan baik dan mendapatkan penilaian yang baik dari Ibu.
oleh karena itu, saya berusaha memperbaiki blog saya. Jika waktu itu saya tidak memeriksa dan mengubah settingan comment diblog saya, saya tidak akan bisa menerima soal UAS dari Ibu dan itu akan mempengaruhi nilai saya.
Dan motivasi Instrinsik yang saya dapatkan adalah karena saya sudah menerima postingan soal dari ibu dan soal ini juga merupakan pengalaman saya, berarti saya harus mengerjakannya dengan sebaik mungkin.
terimakasih bu :)
Terimakasih bu atas pertanyaannya :)
Seperti pada teori perencanaan instruksional yaitu pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran, saya berpikir bahwa ibu pasti sudah merencanakan untuk mendelivery nilai pada kami, tetapi mungkin disamping itu, ibu juga sedang membuat soal UAS untuk kami. Mungkin oleh sebab itu rencana untuk mendelivery nilai kami belum terlaksana.
Dalam hal ini , saya juga mengambil teori atribusi yaitu memahami perilaku dan kinerjanya sendiri,dan orang orang menarik kesimpulan atau termotivasi untuk menemukan sebab sebab yang mendasarinya.
Disini saya berusaha menarik kesimpulan yang positif tentang hal hal apa saja yang memungkinkan ibu belum mendelivery nilai kami.
Saya memahami bahwa ibu memiliki banyak tugas dan peran yang membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran. Mungkin juga karena banyaknya tugas yang menuntut kehadiran ibu, dan waktu istrahat ibu yang tidak banyak,memungkinkan ibu belum mendelivery nilai kami.
Seperti pada pendekatan Gilligan yang mencerminkan perspektif perhatian, saya hanya bisa menunjukan perhatian pada ibu lewat kesabaran saya untuk menunggu waktu luang ibu yang tepat dimana ibu dapat mendelivery nilai pada kami. :)
Terimakasih bu :)
Skor UASmu 80 Juli
Posting Komentar