Kata "pedagogi"
berasal dari Bahasa Yunani país:anak dan ági: membimbing; secara literal berarti
"membimbing anak”). Pengertian pedagogi ialah ilmu
atau seni dalam menjadi seorang guru.
Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran . Kata yang berhubungan dengan pedagogi, yaitu pendidikan, yang digunakan untuk merujuk pada keseluruhan
konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan
hal tersebut.
Jika kita uraikan dengan menggunakan buku pegangan pedagogi, pedagogi dalam
arti seni dan ilmu mengajar :
·
Memepelajari dan mentransformasikan
Dalam pembelajaran, diperlukan guru yang berperan menjadi
pengajar. Dimana dikatakan bahwa mengajar merupakan seni dan ilmu
mentransformasikan bahan ajar kepada peserta para didik pada situasi dan dapat
melalui media tertentu. Ilmu
mengajar pun bisa dipelajari dimana pun dan kapan
pun, baik individu ataupun kelompok dan seni mengajar hanya akan terlihat ketika berlangsungnya interaksi pembelajaran antara si pengajar dengan peserta
didik.dikatakan
juga bahwa pembelajaran merupakan aktivitas membantu, membantu setiap siswa
untuk mengerti dan mengaplikasikan.
·
Hubungkan Pikiran
Pembelajaran selalu melibatkan hubungan
antara pikiran seseorang atau sekelompok orang dan pikiran seseorang atau
sekelompok orang lainnya. Nah, jadi dalam pembelajaran, kita dituntut
mendengarkan dan memahami pendapat ataupun pengalaman dari orang lain dan ikut
berkontribusi dalam kegiatan pembelajaran.
Dikatakan bahwa didalam
pembelajaran antara guru dan siswa terjadi hubungan dua arah, dimana Guru
memberikan dan siswa menerima bantuan dan bimbingan . sebagai siswa , kita
harus disiplin dengan apa yang ditentukan oleh pengajar yang akan bermanfaat
bagi pengembangan pemikiran kita.
·
Seni, Ilmu, dan Profesi
Didalam kegiatan
mengajar termasuk didalamnya merupakan seni, ilmu, dan profesi . dikatakan
mengajar merupakan seni karena mengajar dapat melibatkan intuisi, improvisasi
dan ekspresi.bagi banyak orang juga, efektivitas mengajar tergantung pada
kreativitas, penilaian yang baik, dan wawasan tingkat tinggi. dimana , ini
sangat perlu agar terciptanya proses belajar mengajar yang tidak membosankan. Selanjutnya,
mengajar mdikatakan sebagai ilmu, karena menurut banyak orang kegiatan mengajar
harus sesuai basis dan dipandu oleh ilmu, juga harus dikomunikasikan secara
sistematis antar pengjar dan siswanya, yang akan memunculkan stimulus dan
respon.dan terakhir mengajar disebut sebgai profesi ialah dengan menjalankan
aktivitas profesional guru yang mengkombinasikan dimensi ilmu dan seni atau
sebaliknya.
·
Pengajar yang cerdas
Istimewa : melibatkan
pembelajaran yang sukses yang bertumpu pada pada karakter guru serta
pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Jadi guru harus mempunyai
karakter pribadi yang jujur, disiplin, penyayang, integritas, antusias,
mempunyai motif, komitmen dan ksatria.
Perbandingan analisis tentang guru dengan teori yang ada :
Pengalaman sewaktu
SMP
|
Analisis berdasarkan teori
|
Pengalaman yang pernah
saya ingat adalah banyak pengajar yang tidak sabar dalam mengajar dan
memastikan siswa mengerti dengan apa yang diajarkan
|
Dijelaskan bahwa
setiap pengajar harus mempunyai persiapan dan harus memastikan siswanya
be;ajar dengan lancar dan benar
|
Pengalaman yang kedua yang saya ingat, ada pengajar yang sering sekali
melabeli teman-teman atau siswa dengan katakata aneh dan tidak pantas ketika
bercanda ataupun keadaan marah sekalipun
|
Dijelaskan bahwa guru
harus mempunyai karakteristik yang jenius dan efektif dengan tidak melabeli
siswa secara permanen ketika menghadapi perilaku siswa
|
Pengalaman yang ketiga, masih banyak pengajar yang saya ingat, belum
mampu untuk mengendalikan siswa
|
Dijelaskan bahwa ,
seharusnya pengajar yang berintegritas harus mampu menunjukkan kepercayaan
diri secara benar, dan mampu mengendalikan siswa
|
1 komentar:
Blognya sangat bermanfaat. Terima kasih.
Posting Komentar