Jumat, 12 April 2013

UTS PAEDAGOGI 2012/2013



1.     Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok Anda rencanakan. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan Paedagogi Praktis Abad 21. (skor 30)

Proses pembelajaran yang kelompok kami rencanakan :
Pada awalnya kelompok kami berencana untuk melakukan kegiatan Cuci Tangan dan Sikat Gigi kepada anak TK, namun dengan kendala yang ada ,kami mengganti rencana kami menjadi kegiatan mewarnai kepada anak PAUD. Kendala awalnya adalah dikarenakan tempat untuk melakukan kegiatan cuci tangan dan sikat gigi tidak memungkinkan untuk dilakukan diarea TK yang telah kami rencanakan. Setelah kami mencari lagi tempat untuk melakukan kegiatan kami, kami menemukan PAUD NADINE yang berlokasii dijalan Asoka. Setelah kami menjelaskan kedatangan kami, ketua dari PAUD tersebut mengijinkan kami untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai untuk anak PAUD dan telah menentukan hari untuk praktek.

Alasan kami mengapa rencana kegiatan yang kami angkat adalah kegiatan menggambar dan mewarnai untuk PAUD dikarenakan pada umumnya anak-anak akan senang, dan juga karena kegiatan tersebut mempunyai manfaat yang banyak bagi anak-anak, misalnya mengenal warna dan membantu mengembangkan kemampuan motorik. Kami juga ingin mengenalkan objek-objek disekitar mereka dan bisa menggambarkannya dikertas gambar mereka, seperti rumah, pohon, dan mobil. Landasan teori yang kami pakai berdasarkan Seni dan ilmu mengajar serta Karakteristik menjadi seorang guru yang baik yang akan lebih di tinjau dari cirri-ciri 10 top guru baik.

Tahap pelaksanaan kami meliputi :
-          Perkenalan antara anggota kelompok kami dan kepada adik-adik PAUD dengan menggunakan absen, ini kami lakukan untuk mengingat dan menghapal nama siswa yang ada.
-          Selanjutnya salah satu anggota kelompok membagikan buku gambar yang dibantu dengan 3 orang guru, satu orang anggota kelompok menggambar didepan, dan satu orang anggota lagi menjelaskan apa yang akan digambarkan kepada adik-adik PAUD.
-          Setelah 30 menit proses menggambar, kami mengumpulkan dan memilih gambar yang terbaik, yang dilanjutkan dengan pembagian reward.
-          Pada akhirnya, sebelum sesi penutupan, kami melakukan games menyanyi dan menyebutkan benda dan angka dalam bahasa inggris, yang dilanjutkan juga pemberian reward karena masih tersedianya reward. Penutupan kami akhiri dengan ucapan terimakasih, bersalaman, dan foto.

Jika dikaitkan berdasarkan tinjauan Paedagogi Praktis Abad 21, dikatakan Paedagogi tidak hanya berbicara mengenai seni dan ilmu mengajar, melainkan juga mendorong banyak orang untuk melakukan redesain dan pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Untuk anak PAUD , kebutuhan siswa adalah salah satunya dapat mengenal objek disekitar mereka, juga mengenal warna, dapat menggambarkannya dan mewarnai. Dalam paedagogi praktis abad 21 juga terbagi atas 2 jenis yaitu : Paedagogi Teoritis dan Paedagogi praktis. Ini kami pakai pada proses pembelajaran kelompok kami , karena paedagogi tidak sekedar dipahami , juga bagaimana cara mengaplikasikannya. Dalam tahap pelaksanan praktek mengajar, kami berusaha memahami bagaimana menjadi guru yang baik agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Dan juga kami berusaha memahami bagaimana mentransformasikan kepada adik-adik di PAUD, ini sesuai juga dengan landasan teori kami. Didalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ketika kami mengenalkan gambar yang telah kami gambarkan dipapan tulis ,itu merupakan teoritis, dan ketika kami menyuruh menggambarkan, memberitahu cara menggambarkan, dan membantu mereka dalam proses pengambaran dan mewarnai yang sesuai itu adalah praktisnya.

2.     Uraikan secara singkat dan padat tentang hasil observasi dari proses pembelajaran kelompok Anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik, dan fenomena kontemporer. (skor 50)
Sebelum kami melakukan kegiatan praktek , terlebih dahulu kami memahami bagaimana menjadi guru yang baik sebelum mengaplikasikanny. Dan pada sesi perkenalan, kami juga berusaha untuk mengingat nama-nama anak dalam kelas,ini untuk menghasilkan hubungan yang baik dan anak juga merasa diberi perhatian dalam kelas.
Hasil Observasi pada Margareth
Margaret menunjukan posisi berdiri didepan siswa. Ketika kegiatan proses menggambar dan mewranai, margaret mengambil posisi di bagian kiri kelas, dia duduk dan memperhatikan dua orang anak yang sedang menggambar. Margareth juga terlihat membantu menggambarkan sebuah rumah ketika salah satu anak bertanya padanya. Ketika anak yang lain bertanya kembali pada margaret, dengan sabar margareth menmbantu cara menggambarkannya.
Hasil Observasi pada Serefhy
Serefhy menunjukan gestur tubuh yang tegak dan suara yang tegas ketika menyapa anak-anak pada sesi pembukaan, ini bagian dari keyakinan diri . Ketika proses menggambar dan mewarnai, serefhy terlihat berada di tengah kelas, dia juga duduk diantara siswa dikelas. ketika ada anak yang bertanya atau kesulitan, serefhy membantu anak, mengajarkan cara menggambarnya, dan ketika anak bisa melanjutkan gambar, serefhy mengucapkan kata, ‘itu bisa, atau cantik ya gambarnya’ yang merupakan pujian dan dukungan, seperti ciri guru yang baik yaitu bangga atas keberhasilan siswanya.
Hasil Observasi pada anak-anak PAUD
Semua anak-anak PAUD yang hadir dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan menggambar dan mewarnai yang telah kami buat terlihat sangat senang. Ketika mereka disapa dengan ucapan selamat pagi, mereka juga membalas ucapan selamat pagi dari kami. Dan ketika kami menyuruh mereka untuk memperhatikan gambar, mereka juga ikut memperhatikan gambar, begitu juga ketika kami menyuruh mereka untuk menggmbar dan meniru contoh yang ada dipapan tulis, mereka sangat sigap langsung mengambil pensil, dan mencoba menggambarkannya.
Evaluasi atas uraian hasil observasi ditinjau berdasarkan paedagogi ,TIK, dan fenomena kontemporer.
Ada 8 pertanyaan esensial yang berkaitan dengan paedagogi ,TIK, dan fenomena kontemporer, namun yang bisa kami kaitkan langsung dengan kegiatan praktek yang dilakukan ialah :
  •  Penilaian kebutuhan: materi belajar apa yang dibutuhkan?
Kelompok kami memilih kegiatan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan adik-adik PAUD yaitu kegiatan menggambar dan mewarnai.
  • Pertumbuhan profesional: bagaimanana cara meningkatkan mutu pengajaran di kelas?
Menggunakan cara mengajar yang telah kami pahami dari konsep kualitas guru yang baik, untuk meningkatkan semangat pada siswa yang berhubungan dengan hasil belajar yang baik.
  • Budaya kelas: bagaimana cara menumbuhkan budaya kelas untuk belajar?
Dengan membuat kelas yang nyaman dengan siswa, dan memberikan dukungan belajar pada siswa.
  • Strategi: bagaimana guru mengajar untuk memaksimalkan hasil?
Kami melakukan strategi yaitu memberikan perhatian dan bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan, dukungan dan pujian kepada siswa yang telah menyiapkan tugasnya.
  • Pengelolaan sumber daya kelas: bagaimana guru membuat media pembelajaran dan apa kegunaannya dalam pembelajaran?
Media pembelajaran harus dipersiapkan sebelum proses pengajaran dimulai, disini kami menyiapkan bahan berupa kertas gambar, anak didik juga menyiapkan crayon mereka masing-masing untuk digunakan. Kelompok juga menyiapkan reward untuk anak dengan hasil terbaik.

3.    Tuliskan pandangan Anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di Fakultas Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis. (skor 20)

Menurut saya, pembelajaran pada mata kuliah paedagogi sangat menyenangkan, karena Ibu Dina dan Ibu Lita , Dosen Pengampu mata kuliah ini sangat Up to date dan membuka wawasan kami , bukan hanya menghapal atau  sekedar memahami bahan tapi lebih mengaplikasikannya.
Mata Kuliah Paedagogi ini sangat berbeda dengan mata kuliah lainnya (kecuali matakuliah Psikologi Belajar yang juga sama), karena mempunyai metode belajar yang sangat menyenangkan. Selain ada kegiatan tatap muka dalam kelas, kami lebih dituntut untuk belajar mandiri, yaitu kami menggunakan buku teks,  panduan dan penggunaan media/tik seperti yang telah kami lakukan ketika kami kuliah online dan juga ketika kami mengumpulkan tugas dengan update blog masing-masing . Dengan adanya media online seperti blog dan penggunaaan gtalk, kami bisa berikteraksi secara terus-menerus dalam proses belajar. Dan tidak lupa, yang sangat membuat pengalaman baru bagi saya adalah tugas berupa Projek Mini kami untuuk kegiatan mengajar :) Metode belajar inilah yang membuat kami tidak merasa bosan karena sangat menyenangkan dan membuat kami lebih aktif dalam proses belajar.

Tidak ada komentar: