1. Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang
kelompok Anda rencanakan. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan
Paedagogi Praktis Abad 21. (skor 30)
Proses pembelajaran yang kelompok kami rencanakan :
Pada awalnya kelompok
kami berencana untuk melakukan kegiatan Cuci Tangan dan Sikat Gigi kepada anak
TK, namun dengan kendala yang ada ,kami mengganti rencana kami menjadi kegiatan
mewarnai kepada anak PAUD. Kendala awalnya adalah dikarenakan tempat untuk
melakukan kegiatan cuci tangan dan sikat gigi tidak memungkinkan untuk
dilakukan diarea TK yang telah kami rencanakan. Setelah kami mencari lagi
tempat untuk melakukan kegiatan kami, kami menemukan PAUD NADINE yang
berlokasii dijalan Asoka. Setelah kami menjelaskan kedatangan kami, ketua dari
PAUD tersebut mengijinkan kami untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai
untuk anak PAUD dan telah menentukan hari untuk praktek.
Alasan kami mengapa rencana
kegiatan yang kami angkat adalah kegiatan menggambar dan mewarnai untuk PAUD
dikarenakan pada umumnya anak-anak akan senang, dan juga karena kegiatan
tersebut mempunyai manfaat yang banyak bagi anak-anak, misalnya mengenal warna
dan membantu mengembangkan kemampuan motorik. Kami juga ingin mengenalkan
objek-objek disekitar mereka dan bisa menggambarkannya dikertas gambar mereka, seperti
rumah, pohon, dan mobil. Landasan teori yang kami pakai berdasarkan Seni dan ilmu mengajar serta Karakteristik menjadi seorang guru yang baik yang akan lebih di
tinjau dari cirri-ciri 10 top guru baik.
Tahap pelaksanaan kami meliputi :
-
Perkenalan antara anggota kelompok kami dan kepada
adik-adik PAUD dengan menggunakan absen, ini kami lakukan untuk mengingat dan
menghapal nama siswa yang ada.
-
Selanjutnya salah satu anggota kelompok membagikan buku
gambar yang dibantu dengan 3 orang guru, satu orang anggota kelompok menggambar
didepan, dan satu orang anggota lagi menjelaskan apa yang akan digambarkan kepada
adik-adik PAUD.
-
Setelah 30 menit proses menggambar, kami mengumpulkan dan
memilih gambar yang terbaik, yang dilanjutkan dengan pembagian reward.
-
Pada akhirnya, sebelum sesi penutupan, kami melakukan
games menyanyi dan menyebutkan benda dan angka dalam bahasa inggris, yang
dilanjutkan juga pemberian reward karena masih tersedianya reward. Penutupan kami
akhiri dengan ucapan terimakasih, bersalaman, dan foto.
Jika dikaitkan berdasarkan tinjauan Paedagogi Praktis Abad 21, dikatakan Paedagogi tidak hanya berbicara mengenai seni
dan ilmu mengajar, melainkan juga mendorong banyak orang untuk melakukan
redesain dan pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai
dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Untuk anak
PAUD , kebutuhan siswa adalah salah satunya dapat mengenal objek disekitar
mereka, juga mengenal warna, dapat menggambarkannya dan mewarnai. Dalam
paedagogi praktis abad 21 juga terbagi
atas 2 jenis yaitu : Paedagogi Teoritis dan
Paedagogi praktis. Ini kami pakai pada proses pembelajaran kelompok kami , karena
paedagogi tidak sekedar dipahami , juga bagaimana cara mengaplikasikannya. Dalam tahap pelaksanan praktek mengajar,
kami berusaha memahami bagaimana menjadi guru yang baik agar proses
pembelajaran tidak monoton dan membosankan. Dan juga kami berusaha memahami
bagaimana mentransformasikan kepada adik-adik di PAUD, ini sesuai juga dengan
landasan teori kami. Didalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ketika kami mengenalkan gambar yang telah
kami gambarkan dipapan tulis ,itu merupakan teoritis, dan ketika kami menyuruh
menggambarkan, memberitahu cara menggambarkan, dan membantu mereka dalam proses
pengambaran dan mewarnai yang sesuai itu adalah praktisnya.
2. Uraikan secara singkat
dan padat tentang hasil observasi dari proses pembelajaran kelompok Anda. Beri
evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik, dan fenomena
kontemporer. (skor 50)
Sebelum
kami melakukan kegiatan praktek , terlebih dahulu kami memahami bagaimana
menjadi guru yang baik sebelum mengaplikasikanny. Dan pada sesi perkenalan,
kami juga berusaha untuk mengingat nama-nama anak dalam kelas,ini untuk
menghasilkan hubungan yang baik dan anak juga merasa diberi perhatian dalam
kelas.
Hasil Observasi pada Margareth
Margaret
menunjukan posisi berdiri didepan siswa. Ketika kegiatan proses menggambar dan
mewranai, margaret mengambil posisi di bagian kiri kelas, dia duduk dan
memperhatikan dua orang anak yang sedang menggambar. Margareth juga terlihat membantu
menggambarkan sebuah rumah ketika salah satu anak bertanya padanya. Ketika anak
yang lain bertanya kembali pada margaret, dengan sabar margareth menmbantu cara
menggambarkannya.
Hasil Observasi pada Serefhy
Serefhy
menunjukan gestur tubuh yang tegak dan suara yang tegas ketika menyapa
anak-anak pada sesi pembukaan, ini bagian dari keyakinan diri . Ketika proses
menggambar dan mewarnai, serefhy terlihat berada di tengah kelas, dia juga
duduk diantara siswa dikelas. ketika ada anak yang bertanya atau kesulitan,
serefhy membantu anak, mengajarkan cara menggambarnya, dan ketika anak bisa
melanjutkan gambar, serefhy mengucapkan kata, ‘itu bisa, atau cantik ya
gambarnya’ yang merupakan pujian dan dukungan, seperti ciri guru yang baik
yaitu bangga atas keberhasilan siswanya.
Hasil Observasi pada anak-anak PAUD
Semua anak-anak
PAUD yang hadir dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan menggambar dan mewarnai
yang telah kami buat terlihat sangat senang. Ketika mereka disapa dengan ucapan
selamat pagi, mereka juga membalas ucapan selamat pagi dari kami. Dan ketika
kami menyuruh mereka untuk memperhatikan gambar, mereka juga ikut memperhatikan
gambar, begitu juga ketika kami menyuruh mereka untuk menggmbar dan meniru
contoh yang ada dipapan tulis, mereka sangat sigap langsung mengambil pensil,
dan mencoba menggambarkannya.
Evaluasi
atas uraian hasil observasi ditinjau berdasarkan paedagogi ,TIK, dan fenomena kontemporer.
Ada 8
pertanyaan esensial yang berkaitan dengan paedagogi ,TIK, dan fenomena
kontemporer, namun yang bisa kami kaitkan langsung dengan kegiatan praktek yang
dilakukan ialah :
- Penilaian kebutuhan: materi belajar apa yang dibutuhkan?
Kelompok kami memilih kegiatan dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan adik-adik PAUD yaitu kegiatan menggambar dan
mewarnai.
- Pertumbuhan profesional: bagaimanana cara meningkatkan mutu pengajaran di kelas?
Menggunakan
cara mengajar yang telah kami pahami
dari konsep kualitas guru yang baik, untuk
meningkatkan semangat pada siswa yang berhubungan dengan hasil belajar yang
baik.
- Budaya kelas: bagaimana cara menumbuhkan budaya kelas untuk belajar?
Dengan membuat kelas
yang nyaman dengan siswa, dan memberikan dukungan belajar pada siswa.
- Strategi: bagaimana guru mengajar untuk memaksimalkan hasil?
Kami melakukan strategi
yaitu memberikan perhatian dan bantuan bagi siswa yang mengalami kesulitan,
dukungan dan pujian kepada siswa yang telah menyiapkan tugasnya.
- Pengelolaan sumber daya kelas: bagaimana guru membuat media pembelajaran dan apa kegunaannya dalam pembelajaran?
Media pembelajaran harus
dipersiapkan sebelum proses pengajaran dimulai, disini kami menyiapkan bahan
berupa kertas gambar, anak didik juga menyiapkan crayon mereka masing-masing
untuk digunakan. Kelompok juga menyiapkan reward untuk anak dengan hasil
terbaik.
3. Tuliskan pandangan Anda tentang pembelajaran pada perkuliahan
Paedagogi di Fakultas Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan
tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis. (skor 20)
Menurut saya,
pembelajaran pada mata kuliah paedagogi sangat menyenangkan, karena Ibu Dina
dan Ibu Lita , Dosen Pengampu mata kuliah ini sangat Up to date dan membuka
wawasan kami , bukan hanya menghapal atau
sekedar memahami bahan tapi lebih mengaplikasikannya.
Mata Kuliah Paedagogi
ini sangat berbeda dengan mata kuliah lainnya (kecuali matakuliah Psikologi
Belajar yang juga sama), karena mempunyai metode belajar yang sangat
menyenangkan. Selain ada kegiatan tatap muka dalam kelas, kami lebih dituntut
untuk belajar mandiri, yaitu kami
menggunakan buku teks, panduan dan
penggunaan media/tik seperti yang telah kami lakukan ketika kami kuliah
online dan juga ketika kami mengumpulkan tugas dengan update blog masing-masing
. Dengan adanya media online seperti blog dan penggunaaan gtalk, kami bisa
berikteraksi secara terus-menerus dalam proses belajar. Dan tidak lupa, yang sangat membuat pengalaman baru bagi saya adalah tugas berupa Projek Mini kami untuuk kegiatan mengajar :) Metode belajar inilah yang membuat kami tidak merasa bosan karena
sangat menyenangkan dan membuat kami lebih aktif dalam proses belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar