Nama Observer
: Juli Theresia
Nim Observer : 091301072
Kelas :
X-MM3
Mata Pelajaran :Perakit Personal Komputer
Nama Guru :
Pandi
Waktu Mengobservasi :
11.45 Wib – 12.15 Wib
Durasi Observasi :
30 Menit
Jumlah Siswa/siswi :
21 Orang (dari 25 orang)
Media Pembelajaran
yang digunakan Guru :
Laptop dan Modem
Media Pembelajaran
yang digunakan Murid : Laptop , Modem dan Alat Tulis
Situasi Fisik Kelas : didalam kelas terdapat Kursi bermeja (25 buah) , 1 kursi dan 1 meja untuk
Pengajar, AC (2 buah), Kipas Angin, Lemari, Whiteboard, dan Jam dinding
Alat Observasi : Kertas, Pulpen, dan Panduan observasi
Analisis hasil observasi Tabel 5.7
Tabel 5.7 kaitan antara tahapan belajar dengan peristiwa
pembelajaran
Deskripsi
|
Tahapan belajar
|
Kegiatan pembelajaran
|
Hasil observasi dalam Kelas
|
Persiapan belajar
|
1.mengarahkan
perhatian
2. ekspektasi
3. retrieval
(pengambilan informasi dan/atau keterampilan yang relevan) untuk dimasukan ke
ingatan kerja
|
-Menarik
perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti biasanya,
pertanyaan atau perubahan stimulus
-Memberitahu
tujuan belajar kepada pembelajar
- Merangsang
ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya
|
-Didapat bahwa
guru telah menjelaskan terlebih dahulu tentang materi, lalu
guru memberikan stimulus agar murid megerjakan/mempraktekkan apa yang ada
dalam materi, disini guru menyuruh murid membagi kelompok.
-Guru memberitahukan tujuan dari materi yang
disampaikan kepada uridm,bahwa materi daan prakteknya akan berguna nantinya.
-Guru mengingatkan kembali tentang materi sebelum istrahat,namun
pembelajaran minggu sebelumnya tidak ada diingatkan atau direview.
|
Akuisisi dan
kinerja
|
4. persepsi
selektif atas stimulus
5. penyandian
semantik
6. retrieval dan
respon
7. penguatan
|
-Menyajikan
stimulus dengan ciri yang berbeda
- Memberikan
bimbingan belajar
-Memunculkan
kinerja
- Memberikan
balikan informatif
|
-Guru memberikan stimulus yang sama pada setiap murid.
-Guru membimbing murid dalam kelompok dan memberitahu cara mengoperasikan
dalam laptop kepada murid yang belum mengerti.
-Didapat bahwa sebagian kecil saja yang mengetahui apa yang diperintahkan
oleh guru
-Tidak
ada penguatan yang diberikan.
|
Transfer Belajar
|
8. pemberian
petunjuk atau retrieval
9. generalisasi
|
- Menilai
perbuatan/kinerja
- Memunculkan
kinerja dengan contoh baru
|
-Guru tidak menilai secara menyeluruh setiap murid dalam kelompok, namun
guru memerintahkan murid lainnya memperhatikan satu murid yang sudah
mengetahui.
-Guru memerintahkan murid lainnya memperhatikan satu
murid yang sudah mengetahui mempraktekkan sebagai contoh pada murid lain
|
Analisis Hasil Observasi Tabel 5.2
Tabel 5.2 Tinjauan atas Lima variasu
Belajar
Kategori Belajar
|
Penampilan
|
Informasi Verbal
|
Terdapat Informaasi
yang baik disampaikan oleh Guru kepada murid dalam kegiatan pembelajaran.
|
Keterampilan Intelektual
|
Sebagian kecil
murid yang mengerti tentang apa yang akan dipraktekkan dengan laptop dikarenakan
juga hanya beberapa murid yang membawa laptop.
|
Strategi
Kognitif
|
Meskipun hanya
beberapa murid yang membawa laptop, namun sebagian murid yang lain membantu
teman sekelompoknya walaupun ada juga yang tidak mau membantu.
|
Keterampilan
Motorik
|
Murid yang
membawa laptop sibuk mengoperasikan laptop,yang lain hanyak duduk diam, mengobrol,atau
memperhatikan temannya.
|
Sikap
|
Sebagian besar sikap
dari murid yaitu mengobrol dengan teman yang sama-sama tidak memiliki laptop.
Sedangkan yang memiliki laptop, mencoba mengoperasikan laptop sesuai perintah
guru.
|
Testimoni
Berkunjung untuk kegiatan observasi ke SMK TRITECH merupakan pengalaman
yang menarik menurut saya. SMk TRITECH
yang terlrtak di Jalan Bhayangkari, Krakatau Medan ini masih dalam proses
pembangunan sebagian gedungnya, namun fasilitas didalam kelas sudah terbilang
lengkap , ada AC dan TV LCD untuk membantu proses pembelajar, meskipun ada
sebagian fasilitas yang tidk berfungsi. Nah, keuntungan yang didapat dalam
observasi kali ini adalah saya dapat melihat langsung sistem pembeljaran
elearning yang ada disekolah. Melihat proses pembelajaran yang menurut saya
sangat baik, disini pengajar memberikan materi lalu murid mengaplikasikannya
dengan laptop. Hanya saja masih sebagian kecil murid yang membawa laptop dalam
kelas yang saya observasi. Pengajar disekolah ini juga ramah dan welcome sehingga
memudahkan kami dalam kegiatan observasi. Namun kekurangan dalam observasi
yaitu jarak yang jauh dari kampus ke tempat observasi, kebingungan dalam
mencari pembagian kelas dan juga kurangnya durasi waktu observasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar