Minggu, 09 Desember 2012

Observasi di SMK TRITECH, Jln. Bhayangkari, Krakatau Medan


Nama Observer                       : Juli Theresia
Nim  Observer                         : 091301072
Kelas                                       : X-MM3
Mata Pelajaran                        :Perakit Personal Komputer
Nama Guru                              : Pandi
Waktu Mengobservasi             : 11.45 Wib – 12.15 Wib
Durasi Observasi                     : 30 Menit
Jumlah Siswa/siswi                  : 21 Orang (dari 25 orang)
Media Pembelajaran
yang digunakan Guru               : Laptop dan Modem
Media Pembelajaran
yang digunakan Murid             : Laptop , Modem dan Alat Tulis
Situasi Fisik Kelas                  : didalam kelas terdapat Kursi bermeja (25 buah) , 1 kursi dan 1 meja untuk Pengajar, AC (2 buah), Kipas Angin, Lemari, Whiteboard, dan Jam dinding
 Alat Observasi                       : Kertas, Pulpen, dan Panduan observasi



Analisis hasil observasi Tabel 5.7

Tabel 5.7 kaitan antara tahapan belajar dengan peristiwa pembelajaran

Deskripsi
Tahapan belajar
Kegiatan pembelajaran
Hasil observasi dalam Kelas
Persiapan belajar
1.mengarahkan perhatian








2. ekspektasi




3. retrieval (pengambilan informasi dan/atau keterampilan yang relevan) untuk dimasukan ke ingatan kerja
-Menarik perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti biasanya, pertanyaan atau perubahan stimulus



-Memberitahu tujuan belajar kepada pembelajar


- Merangsang ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya
-Didapat bahwa guru telah menjelaskan terlebih dahulu tentang materi, lalu guru memberikan stimulus agar murid megerjakan/mempraktekkan apa yang ada dalam materi, disini guru menyuruh murid membagi kelompok.




-Guru  memberitahukan tujuan dari materi yang disampaikan kepada uridm,bahwa materi daan prakteknya akan berguna nantinya.

-Guru mengingatkan kembali tentang materi sebelum istrahat,namun pembelajaran minggu sebelumnya tidak ada diingatkan atau direview.
Akuisisi dan kinerja
4. persepsi selektif atas stimulus

5. penyandian semantik



6. retrieval dan respon


7. penguatan
-Menyajikan stimulus dengan ciri yang berbeda

- Memberikan bimbingan belajar



-Memunculkan kinerja



- Memberikan balikan informatif
-Guru memberikan stimulus yang sama pada setiap murid.


-Guru membimbing murid dalam kelompok dan memberitahu cara mengoperasikan dalam laptop kepada murid yang belum mengerti.

-Didapat bahwa sebagian kecil saja yang mengetahui apa yang diperintahkan oleh guru

-Tidak ada penguatan yang diberikan.
Transfer Belajar
8. pemberian petunjuk atau retrieval



9. generalisasi
- Menilai perbuatan/kinerja




- Memunculkan kinerja dengan contoh baru
-Guru tidak menilai secara menyeluruh setiap murid dalam kelompok, namun guru memerintahkan murid lainnya memperhatikan satu murid yang sudah mengetahui.

-Guru memerintahkan murid lainnya memperhatikan satu murid yang sudah mengetahui mempraktekkan sebagai contoh pada murid lain


Analisis Hasil Observasi Tabel 5.2
Tabel 5.2 Tinjauan atas Lima variasu Belajar
Kategori Belajar
Penampilan
Informasi Verbal
Terdapat Informaasi yang baik disampaikan oleh Guru kepada murid dalam kegiatan pembelajaran.
Keterampilan Intelektual
Sebagian kecil murid yang mengerti tentang apa yang akan dipraktekkan dengan laptop dikarenakan juga hanya beberapa murid yang membawa laptop.
Strategi Kognitif
Meskipun hanya beberapa murid yang membawa laptop, namun sebagian murid yang lain membantu teman sekelompoknya walaupun ada juga yang tidak mau membantu.
Keterampilan Motorik
Murid yang membawa laptop sibuk mengoperasikan laptop,yang lain hanyak duduk diam, mengobrol,atau memperhatikan temannya.
Sikap
Sebagian besar sikap dari murid yaitu mengobrol dengan teman yang sama-sama tidak memiliki laptop. Sedangkan yang memiliki laptop, mencoba mengoperasikan laptop sesuai perintah guru.


Testimoni
Berkunjung untuk kegiatan observasi ke SMK TRITECH merupakan pengalaman yang menarik menurut saya.  SMk TRITECH yang terlrtak di Jalan Bhayangkari, Krakatau Medan ini masih dalam proses pembangunan sebagian gedungnya, namun fasilitas didalam kelas sudah terbilang lengkap , ada AC dan TV LCD untuk membantu proses pembelajar, meskipun ada sebagian fasilitas yang tidk berfungsi. Nah, keuntungan yang didapat dalam observasi kali ini adalah saya dapat melihat langsung sistem pembeljaran elearning yang ada disekolah. Melihat proses pembelajaran yang menurut saya sangat baik, disini pengajar memberikan materi lalu murid mengaplikasikannya dengan laptop. Hanya saja masih sebagian kecil murid yang membawa laptop dalam kelas yang saya observasi. Pengajar disekolah ini juga ramah dan welcome sehingga memudahkan kami dalam kegiatan observasi. Namun kekurangan dalam observasi yaitu jarak yang jauh dari kampus ke tempat observasi, kebingungan dalam mencari pembagian kelas dan juga kurangnya durasi waktu observasi.

Tidak ada komentar: