Mengapa
mahasiswa psikologi USU yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA
2012/2013 semester ganjil sebagian tida kmemberi kantanggapan
digrupsehubungan dengan rencana melakukan observasi dilapangan?
·
teorikognitif- social bandura
Teori belajar Albert Bandura adalah teori belajar social atau kognitif social
serta efikasi diri yang menunjukkan pentingnya proses mengamati dan meniru
perilaku, sikap dan emosi orang lain. Teori Bandura menjelaskan perilaku
manusia dalam konteks interaksi tingkah laku timbal balik yang berkesinambungan
antara kognitine perilaku dan pengaruh lingkungan.menurut saya, mengapa mahasiswa tidak memberikan
tanggapan di grup tentang rencana observasi dilapangan dikarenakan adanya
pengaruh lingkungan. Mahasiswa juga melakukan imitating dengan meniru perilaku
mahasiswa lain yang yang tidak memberikan tanggapan, mungkin bisa juga
kesibukan uts menjadi penyebabnya.
Menurut Bandura, Factor-faktor
yang berproses dalam observasi adalah perhatian, mengingat, produksi motorik,
motivasi. Disini juga bisa kita lihat
bahwa faktor faktor yang mendukung proses mengamati ini terabaikan dikarena
pengaruh lingkungan tadi, sehingga informasi yang ada tidak ditanggapi.
teori Gagne
Hasil belajar dari proses yang dikemukakan oleh Gagne
adalah keterampilan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal,
keterampilan gerak, dan perubahan sikap. Keterampilan intelektual adalah
kemampuan berpikir yang memungkinkan orang berinteraksi dengan lingkungan
melalui simbol-simbol dan konseptualisasi. Menurut. Gagne ketrampilan
intelektual ini merupakan struktur dasar yang dihasilkan oleh pendidikan
formal. Gagne membedakan ketrampilan intelektual secara hierarki menjadi: 1)
belajar signal, 2) belajar stimulus-respons, 3) chaining, 4),belajar
verbal, 5) belajar deskriminasi, 6) belajar.konsep, 7) belajar
hukum, dan 8) belajar pemecahan masalah.
pada poin yang kedua yaitu belajar stimulus dan respon dapat kita
hubungkan dengan mengapa mahasiswa memberikan tanggapan di grup. stimulus yang berupa
postingan Ibu Dina mungkin tidak tersampaikan pada mahasiswa, bisa dikarenakan
mahasiswa tidak mengerti, sehingga tidak muncullah respon dari mahasiwa, yang
seharusnya memberikan tanggapan tersebut.
Teori Piaget
Teori Pembelajaran
Kognitif Piaget(1970), terkandung lima konsep yang asas yaitu skema , adaptasi , keseimbangan, asimilasi dan akomodasi yang
berkaitan rapat dengan pembelajaran kognitif seseorang individu.
Disini, setiap individu
mempunyai skema akan setiap informasi, dan pasti akan ada proses asimilasi dan
akomodasi didalamnya sebagai pembaharuan informasi. Ketika proses kognitif
sudah sesuai atau seimbang dengan lingkungan ,inilah yang disebut equilibrium. Kita
bisa hubungkan bahwa mahasiswa yang tidak memberikan tanggapan pada grup tidak
memiliki proses kesimbangan antar kognitif dengan lingkungan. Kesibukan saat
Uts bisa menjadi penyebab tidak sempat menegcek grup dan memberikan tanggapan,
karena pada skema mahasiswa, mungkin telah terbentuk bahwa saat Uts tidak ada
kegiatan mengecek grup di facebook.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar