Minggu, 16 September 2012


:) Pengalaman
 Saya seorang yang bersuku Batak Toba, yang memanggil orangtua dari Ibu dan Ayah saya dengan sebutan “opung”. sewaktu saya masih kecil, saya ikut Ibu saya kesuatu acara pesta . di pesta tersebut, Ibu saya menyuruh saya menyalami seorang wanita separuh baya dan menyuruh saya memanggil dengan sebutan “opung”. Saya bingung sebab dipikiran saya pada waktu itu,panggilan “opung” ,biasa saya tujukan hanya kepada orangtua dari Ibu dan Ayah saya saja. Lalu Ibu menjelaskan kepada saya, bahwa sebutan opung bisa juga ditujukan kepada wanita yang usianya lebih tua dari orangtua kita .

Pengalaman yang saya dapatkan sewaktu kecil ini merupakan pengalaman positif bagi saya . Menurut Piaget : proses interaksi dengan lingkungan menghasilkan skema. Skema merupakan pengetahuan kita tentang suatu hal atau peristiwa. Hal itu didapatkan melalui pengalaman, baik postif maupun negatif. Skema juga dihasilkan melalui proses belajar.

informasi yang pertama saya dapatkan tentang panggilan opung ,hanya dimaksudkan untuk orangtua dari ayah ibu saya, ternyata muncul informasi baru yang mengubah skema saya, yang menjelaskan panggilan opung juga bisa ditujukan untuk orangtua lainnya yang umurnya lebih tua dari orangtua kita, biasa juga bisa dihubungkan dengan sesama marga di suku Batak. 

Penyesuaian yang melibatkan pengubahan skema akibat adanya informasi baru yang tidak sesuai dengan skema yang sudah ada ini disebut Akomodasi oleh Piaget.

Banyak pengalaman positif dan negatif yang dihasilkan proses belajar dikehidupan . Dimana sudah pasti juga akan melibatkan proses asimilasi dan akomodasi.

Tidak ada komentar: