Minggu, 16 September 2012


Kelompok 2 :
Beby Haryanti
Juli Theresia 09072

:) Pengalaman Beby : sewaktu saya kecil . saya berpikir bahwa semua kapal itu hanya ada dilaut, tetapi suatu ketika , Ibu saya mengatakan bahwa sepupu saya akan datang dengan menaiki kapal terbang. Lalu saya bertanya pada Ibu, “lho ma..kok kapalnya terbang?” lalu Ibu saya mengatakan kepada saya, bahwa kapal itu tidak hanya dilaut,tetapi ada juga kapal terbang,yaitu pesawat.

:) Pengalaman Juli : Saya seorang yang bersuku Batak Toba, yang memanggil orangtua dari Ibu dan Ayah saya dengan sebutan “opung”. sewaktu saya masih kecil, saya ikut Ibu saya kesuatu acara pesta . di pesta tersebut, Ibu saya menyuruh saya menyalami seorang wanita separuh baya dan menyuruh saya memanggil dengan sebutan “opung”. Saya bingung sebab dipikiran saya pada waktu itu,panggilan “opung” ,biasa saya tujukan hanya kepada orangtua dari Ibu dan Ayah saya saja. Lalu Ibu menjelaskan kepada saya, bahwa sebutan opung bisa juga ditujukan kepada wanita yang usianya lebih tua dari orangtua kita .

:) Pengalaman Serefhy : Burung bagi saya sewaktu TK adalah Unggas yang bisa terbang, tetapi suatu ketika, guru saya mengatakan bahwa Penguin adalah salah satu burung yang tinggal dikutub utara dan tidak bisa terbang seperti burung lainnya.

Analisi kelompok :
Piaget mengatakan proses interaksi dengan lingkungan menghasilkan skema. Skema merupakan pengetahuan kita tentang suatu hal atau peristiwa. Hal itu didapatkan melalui pengalaman, baik postif maupun negatif. Piaget membagi skema menjadi 2 : asimilasi dan akomodasi.
Asimilasi adalah proses menambahkan informasi baru ke dalam skema yang sudah ada.
Akomodasi adalah penyesuaian yang melibatkan pengubahan skema akibat adanya informasi baru yang tidak sesuai dengan skema yang sudah ada. Dalam proses ini dapat pula terjadi pemunculan skema yang baru sama sekali.
Sesuai dengan teori piaget bahwa skema individu akan mengalami equlibrium yaitu keadaan seimbang antara kognisi dengan lingkungan yang didapat dari proses asimilasi dan akomodasi.
Pada pengalaman masing-masing anggota kelompok didapat dari pengalaman positif sewaktu masih kecil. Pengalaman tersebut merupakan contoh dari proses akomodasi, dimana dimasing-masing contoh jelas terlihat adanya informasi ,munculnya skema baru yang menggantikan skema yang sudah ada sebelumnya.

Tidak ada komentar: