Rabu, 26 September 2012


Fungsi
contoh
uraian
Sebagai kerangka riset
Saya senang menggambar dari sewaktu saya masih kecil, ketika ayah menyuruh saya untuk menggmbar rumah atau pun boneka dengan bagus, ayah akan menghadiahkan saya sekotak pensil warna, ini ayah berikan agar saya dapat menggambar dan mewarnai dengan lebih bagus lagi
Pada pengalaman pertama, terdapat proses koneksionisme Thorndike.
Memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi
sewaktu saya kecil, saya diajarkan menggambar oleh mama saya .pertama saya disuruh membuat segitiga untuk atap depannya, segiempat untuk pintu depan, persegi pangjang untuk atap kanan kiri, setelah semua dirangkai, saya lalu mengerti bagaimana membuat gambar rumah.
Penjelasan pengalaman saya ini berkaitan dengan kondisi belajar Gagne dimana kita dapat mengenal dan mengetahui suatu bentuk-bentuk tertentu dan menghubungkan bentuk- bentuk tersebut.
Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
sewaktu saya bermain-main dengan adik saya, saya kemudian saya memberi pertanyaan kepada adik saya yang masi sd. “dek,mana lebih berat 1kg batu bata atau 1 kg pasir?” .adik saya menjawab lebih berat 1 kg batu bata. Saya sedikit tertawa, tapi karena dia bingung,lalu saya menjelaskan kalo itu sama beratnya.
Pengalaman saya yang ketiga ini berhubungan dengan teori perkembangan kognitif piaget, dimana
seseorang secara intelektual beradaptasi dan mengoordinasikan lingkungan sekitarnya.
Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
Ketika saya belajar mengendarai mobil,saya sama sekali tidak tahu bagaimana cara menjalankannya, bagaimana ganti persneling, sehingga pernah dimarahin abang saya karena terus menerus salah. Tapi ketika belajar menegendarai mobil untuk selanjutnya, saya berusaha mengingat apa yg diajarkannya karena saya tidak mau dimarahin lagi.
Pengalaman keempat saya, menggunakan proses pembelajaran proses kognitif. Karena penjelasan yang di butuhkan memerlukan pemikiran kognitif , apa yang diajarkan oleh abang saya harus saya ingat agar tidak dimarahin lagi.


Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
Sewaktu saya masih sd, ada teman sebangku saya yang sakit perut karena makan mie jajanan diluar kantin sekolah. Saya bertanya pada ibu saya, kenapa dia bisa sakit perut cuma karena makan mie. Lalu ibu saya menjelaskan ,bahwa bisa saja mie yg teman saya makan dihinggapi lalat sehingga kuman ikut masuk dan menyebabkan penyakit.
Pengalaman kelimasaya, menggunakan proses pembelajaran proses kognitif. Karena penjelasan yang diberikan oleh mama saya ,harus dipikirkan dengan menggunakan kognitif.

Tidak ada komentar: