Fungsi
|
contoh
|
uraian
|
Sebagai kerangka riset
|
Saya senang menggambar dari
sewaktu saya masih kecil, ketika ayah menyuruh saya untuk menggmbar rumah
atau pun boneka dengan bagus, ayah akan menghadiahkan saya sekotak pensil
warna, ini ayah berikan agar saya dapat menggambar dan mewarnai dengan lebih
bagus lagi
|
Pada pengalaman pertama, terdapat proses koneksionisme Thorndike.
|
Memberikan kerangka organisasi untuk item-item
informasi
|
sewaktu saya kecil, saya diajarkan menggambar oleh mama
saya .pertama saya disuruh membuat segitiga untuk atap depannya, segiempat
untuk pintu depan, persegi pangjang untuk atap kanan kiri, setelah semua
dirangkai, saya lalu mengerti bagaimana membuat gambar rumah.
|
Penjelasan pengalaman saya ini berkaitan
dengan kondisi belajar Gagne dimana kita dapat mengenal dan mengetahui suatu bentuk-bentuk
tertentu dan menghubungkan bentuk- bentuk tersebut.
|
Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
|
sewaktu saya bermain-main dengan adik saya, saya
kemudian saya memberi pertanyaan kepada adik saya yang masi sd. “dek,mana
lebih berat 1kg batu bata atau 1 kg pasir?” .adik saya menjawab lebih berat 1
kg batu bata. Saya sedikit tertawa, tapi karena dia bingung,lalu saya
menjelaskan kalo itu sama beratnya.
|
Pengalaman saya yang ketiga ini berhubungan dengan
teori perkembangan kognitif piaget, dimana
seseorang secara intelektual beradaptasi dan mengoordinasikan lingkungan sekitarnya. |
Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
|
Ketika saya belajar mengendarai mobil,saya sama sekali
tidak tahu bagaimana cara menjalankannya, bagaimana ganti persneling,
sehingga pernah dimarahin abang saya karena terus menerus salah. Tapi ketika
belajar menegendarai mobil untuk selanjutnya, saya berusaha mengingat apa yg
diajarkannya karena saya tidak mau dimarahin lagi.
|
Pengalaman keempat saya, menggunakan proses pembelajaran proses kognitif. Karena penjelasan yang di butuhkan memerlukan
pemikiran kognitif , apa yang diajarkan oleh abang saya harus saya ingat agar
tidak dimarahin lagi.
|
Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
|
Sewaktu saya masih sd, ada teman sebangku saya yang
sakit perut karena makan mie jajanan diluar kantin sekolah. Saya bertanya
pada ibu saya, kenapa dia bisa sakit perut cuma karena makan mie. Lalu ibu
saya menjelaskan ,bahwa bisa saja mie yg teman saya makan dihinggapi lalat
sehingga kuman ikut masuk dan menyebabkan penyakit.
|
Pengalaman kelimasaya, menggunakan proses pembelajaran proses kognitif. Karena penjelasan yang diberikan oleh mama saya
,harus dipikirkan dengan menggunakan kognitif.
|
Rabu, 26 September 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar