Selasa, 23 Oktober 2012

tugas review jurnal psikologi belajar :)


Postingan ini berisi review jurnal tentang teori pemrosesan informasi. Berikut adalah identitas jurnal yang akan saya review
Judul                                       : keefektifan Teknik Mnemonic untuk meningkatkan Memori Jangka Panjang dalam Pembelajaran Biologi pada siswa kelas VIII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta
Penulis                         : Muhammad Abdul Halim, Sri Wiyanti ,Rin Widya Agustin
Instansi Penulis           : Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret

Abstrak :
Biologi merupakan salah satu mata pelajaran pada tingkat sekolah menengah pertama yang dipelajari dengan hafalan materi . epenerapan sistem pelajaran yag kurang tepat membuat materi sulit dipelajari dan tidak dapat diingat dalam waktu yang lama . teknik Mnemonic merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempelajari materi yang membutuhkan banyak hafalan .teknik Mnemonic memanipulasi proses belajar dengan menerapkan prinsip-prinsip penyandian memori jangka panjang sehingga dapat mempermudah proses penyampaian informasi belajar kedalam memori jangka panjang.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan Teknik Mnemonic untuk meningkatkan Memori Jangka Panjang dalam Pembelajaran Biologi pada siswa kelas VIII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta. Kriteria subjek penelitian ini yaitu siswa yang memiliki nilai biologi murni dibawah 67 yang merupakan standar kompetensi mata pelajaran biologi di SMP AL-ISLAM 1 Surakarta.
Hasil penelitian menujukkan bahwa teknik mnemonic efektif untuk meningkatkan memori jangka panjang dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas VIII SMP AL-ISLAM 1 Surakarta.


Keywords  :
Memori Jangka Panjang, Teknik Mnemonic, Siswa Sekolah Menengah Pertama

Latar belakang penelitian  :
Biologi yang merupakan salah satu mata pelajaran pada tingkat sekolah menengah pertama dengan hafalan materi. Belajar dengan menghafal dianggap sulit dan membosankan oleh beberapa kalangan siswa. Dianggap sulit dikarenakan harus diingat dan diajarkan secara monoton, sehingga berpengaruh pada nilai siswa yang cenderung rendah. Dikatakan Tulving dan Craick (dalam Stenberg,2008) bahwa seluruh informasi hasil belajar seseorang akan tersimpan didalam memori untuk digunakan pada waktu selanjutnya. Untuk menyimpan informasi pada memori jangka panjang ,maka diperlukan suatu strategi penyimpanan informasi yang sesuai dengan prinsip penyandian. Teknik mnemonic merupakan salah satu strategi  yang dapat digunakan untuk membantu kinerja ingatan, dan teknik ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja memori jangka panjang.
Metode penelitian  :
Kriteria subjek penelitian ini merupakan siswa yang memiliki nilai biologi murni dibawah 67 yang merupakan standar kompetensi mata pelajaran biologi di SMP AL-ISLAM 1 Surakarta.siswa yang memenuhi kriterian penelitian sebanyak 38 siswa dan yang dapat mengikuti penelitian sebanyak 32 siswa karena adanya faktor experimental morality . penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain matched two groups design, posstest only.pelaksanaan penelitian ini dengan membagi subjek kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran biologi dengan teknik mnemonic, sedangkan subjek pada kelompok kontrol belajar materi biologi sendiri tanpa bimbingan guru atau pengajar.

Hasil penelitian  :
Teknik mnemonic  ini efektif untuk meningkatkan memori jangka panjang dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta yang diuji kembali menggunakan independent sample T test.

Kesimpulan  :
Berdasarkan hasil penelitian ,didapat bahwa Teknik mnemonic  ini efektif untuk meningkatkan memori jangka panjang dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta ,yang diketahui bahwa berdasarkan uji hipotesis independent sample T Test menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata kelompok yang signifikan pada tes rekognisi anatara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subejek pada kelompok eksperimen berada pada kategori memori jangka panjang tinggi ,sedangkan subjek pada kelompok kontrol berada pada kategori memori jangka panjang rendah


klik link disini

2 komentar:

The Geeks mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Blogger mengatakan...

If you would like an alternative to casually picking up girls and trying to find out the right thing to say...

If you'd prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded pubs and night clubs...

Then I encourage you to view this eye-opening video to uncover a weird little secret that has the potential to get you your very own harem of sexy women:

Facebook Seduction System...