Rabu, 10 Oktober 2012

Produk kreativitas berdasarkan teori belajar skinner


 hey kreativitas ! :)

Pelajaran Psikologi Belajar dimulai, Ibu Dina membagi kami sekelas menjadi 2 kelompok, dikelompok kiri dan kanan. Lalu Ibu Dina membagikan kami 3 lembar kertas masing-masing per orang. 2 lembar kertas sertifikat dan 1 lembar kertas hvs kosong . dari ketiga lembar kertas tersebut kami harus membuat produk atau semacam kreativitas dengan waktu 30 menit saja. Lalu ibu Dina berkata bahwa akan diambil 3 karya terbaik dari 2 kelompok tadi.kami pun memulai kreativitas kami.

Awalnya saya bingung mau saya apakan 3 lembar dimeja saya, tapi sewaktu saya baca tema yang ada disertifikat pertama dengan tema “Hari Anak Nasional”, saya langsung memikirkan permainan yang bisa meningkatkan kreativitas anak-anak, lalu saya teringat Puzzle yang sering saya mainkan dulu. Akhirnya saya gunting kertas sertifikat warna-warni tesebut agar terlihat seperti potongan-potongan puzzle.untuk kertas sertifikat yang kedua dengan tema bagaimana menghindari narkoba, saya langsung menggambar dikertas hvs kosong tentang perbandingan gambar 2 anak, yang memakai narkoba dan yang tidak memakai narkoba. Setelah kami selesai, Ibu Dina membagikan kertas kecil untuk menghubungkan stimulus, respon yang kami dapatkan dengan teori skinner. Saya sadar bahwa stimulus yang kami dapatkan tadi menimbulkan respon untuk menjadikan 3 lembar kertas menjadi produk kreatifitas yang harus terbaik. Kalau dihubungkan dengan teori skinner, bisa kita lihat bahwa stimulus akan menghasilkan respon, dan didalam teori belajar Skinner ada yang paling penting yaitu Reinforcement dan Punishment. Dan disini yang terbukti bahwa adanya reinforcement dari Ibu Dina yang sebelumnya akan dipilih 3 karya terbaik ,dapat membuat kami berlomba menghasilkan yang terbaik. ( Emmm..sedikit info :D saya terpilih jadi 3 yang terbaik dikelompok hehe..terimakasih Reward cantiknya bu Dina :) )



1 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

bagus Juli..:)