hey kreativitas ! :)
Pelajaran Psikologi Belajar dimulai, Ibu Dina membagi kami sekelas menjadi
2 kelompok, dikelompok kiri dan kanan. Lalu Ibu Dina membagikan kami 3 lembar
kertas masing-masing per orang. 2 lembar kertas sertifikat dan 1 lembar kertas
hvs kosong . dari ketiga lembar kertas tersebut kami harus membuat produk atau
semacam kreativitas dengan waktu 30 menit saja. Lalu ibu Dina berkata bahwa
akan diambil 3 karya terbaik dari 2 kelompok tadi.kami pun memulai kreativitas
kami.
Awalnya saya bingung mau saya apakan 3 lembar dimeja saya, tapi sewaktu
saya baca tema yang ada disertifikat pertama dengan tema “Hari Anak Nasional”,
saya langsung memikirkan permainan yang bisa meningkatkan kreativitas
anak-anak, lalu saya teringat Puzzle yang sering saya mainkan dulu. Akhirnya saya
gunting kertas sertifikat warna-warni tesebut agar terlihat seperti
potongan-potongan puzzle.untuk kertas sertifikat yang kedua dengan tema
bagaimana menghindari narkoba, saya langsung menggambar dikertas hvs kosong
tentang perbandingan gambar 2 anak, yang memakai narkoba dan yang tidak memakai
narkoba. Setelah kami selesai, Ibu Dina membagikan kertas kecil untuk
menghubungkan stimulus, respon yang kami dapatkan dengan teori skinner. Saya sadar
bahwa stimulus yang kami dapatkan tadi menimbulkan respon untuk menjadikan 3
lembar kertas menjadi produk kreatifitas yang harus terbaik. Kalau dihubungkan
dengan teori skinner, bisa kita lihat bahwa stimulus akan menghasilkan respon,
dan didalam teori belajar Skinner ada yang paling penting yaitu Reinforcement
dan Punishment. Dan disini yang terbukti bahwa adanya reinforcement dari Ibu
Dina yang sebelumnya akan dipilih 3 karya terbaik ,dapat membuat kami berlomba
menghasilkan yang terbaik. ( Emmm..sedikit info :D saya terpilih jadi 3 yang
terbaik dikelompok hehe..terimakasih Reward cantiknya bu Dina :) )
1 komentar:
bagus Juli..:)
Posting Komentar